https://www.duniakampus40.net/
Hi! Welcome back to my blog!
Artikel kali ini akan membahas
mengenai digital marketing. Seperti yang sudah kita bahas minggu lalu, bahwa
sekarang ini sedang ramai-nya orang-orang untuk berwirausaha digital. Walaupun
jangkauan digital pastinya lebih luas dibanding dengan pasaran secara langsung,
tentunya kita tetap diharuskan untuk memasarkan produk yang kita jual. Dengan
memasarkan barang atau jasa kita, bisnis yang kita miliki akan semakin dikenal
oleh banyak orang. Maka dari itu, di sini lah pentingnya digital marketing.
Sebelum membahas digital marketing
lebih jauh, mari kita artikan terlebih dahulu apa itu digital marketing.
Menurut Wikipedia, digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha
untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat
menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Mengapa perlu
tepat waktu, pribadi, dan relevan?
-
Tepat waktu
Dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, pastinya kita memiliki target
tersendiri berapa banyak barang atau jasa yang terjual kepada konsumen. Bahkan,
beberapa barang memiliki waktu kadaluarsa yang dikit, dan suatu barang juga
sedang trending pada saat tertentu saja. Di sini lah pentingnya menjangkau
konsumen secara teoat waktu.
-
Pribadi
Dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, pastinya kita memiliki target
jangkauan umur untuk barang atau jasa yang kita jual. Saya beri contoh,
misalnya kita menjual peralatan makanan. Tidak semua orang membutuhkan
peralatan makanan. Beberapa orang yang membutuhkan peralatan makanan ada di
range usia 25-50 tahun (anggaplah segini) dan wanita. Contoh lain, kita ingin
memasarkan produk pakaian remaja. Target dari marketing kita bisa di fokuskan
kepada range usia sekitar 15-20 tahun.
-
Relevan
Hal
ini juga sangat penting dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Misalnya, kita
menjual jasa make up, hal ini dapat menargetkan pasaran yang sedang membutuhkan
jasa tersebut, misalnya adalah anak sekolah akhir tahun yang mana biasanya
mereka membutuhkan jasa makeup untuk wisuda, atau mahasiswa akhir semester.
Target selanjutnya juga bisa kita letakkan pada range usia 23-35 tahunan yang
mana biasanya mereka membutuhkan jasa makeup untuk pernikahan.
Seiring
berjalannya kemajuan teknologi, kegiatan memasarkan produk kini menggunakan
social media. Digital marketing memiliki berbagai kelebihan seperti kecepatan
dalam memasarkan produk, mudah untuk mengevaluasi hasil marketing, luasnya
jangkauan, dan yang pasti sangat efektif. Digital marketing sangat cepat untuk
mencapai jangkauan yang luas dan cepatnya iklan yang dapat tersebar. Target
yang dicapai juga lebih tepat. Setelah melakukan iklan, kita juga dapat
menganalisis hasil iklan. Kita dapat memprediksi apakah produk ini lebih
diminati oleh siapa, di mana, dan apa yang membuat mereka tertarik. Ini lah
berbagai kelebihan yang di dapat dalam melakukan digital marketing.
Menurut Jurnal.id , digital marketing memiliki berbagai macam jenis, yaitu sebagai berikut :
1.
Website
Tidak perlu ditanya lagi bagaimana peran
website dalam melakukan marketing. Website selalu menunjukkan profesionalitas
dari suatu brand. Selain itu, dengan website kita juga dapat memperkenalkan
bisnis kepada konsumen sehingga konsumen lebih mengetahui seperti apakah bisnis
yang kita miliki. Selain itu, penggunaan website juga sangatlah mudah.
2.
Social media marketing
Zaman sekarang, hampir semua orang memiliki
social media. Social media kini berkembang dengan sangat pesat. Banyak fitur-fitur
yang memudahkan penjual dan pembeli untuk bertemu dalam suatu platform. Bahkan,
social media kini dapat memudahkan pembisnis untuk melakukan iklan. Aplikasi seperti
facebook dan Instagram, kini sering menjadi favorite bagi pembisnis dalam
melakukan iklan. Tidak hanya itu, youtube dan tiktok juga sedang gencarnya
dalam melakukan iklan. Dengan mengadakan iklan pada platform yang disukai oleh
banyak orang, produk yang kita pasarkan tentunya akan semakin cepat dikenal
luas oleh banyak orang. Untuk mempelajari cara beriklan yang baik, tepat
sasaran, tepat waktu, dan juga tepat targetnya, dapat dipelajari dengan mudah melalui
youtube channel. Beberapa juga mengadakan kelas marketing yang mana hal ini
lebih memudahkan dalam mempelajari cara beriklan.
3.
Online advertising
Seperti yang sudah saya bahas, bahwa
sekarang banyak platform yang sudah mengadakan iklan. Tentunya hal ini pasti
berbayar. Namun, kita bisa menentukan berapa tarif yang akan kita gunakan untuk
beriklan. Selain itu, kita juga dapat mengatur seberapa jangkauan yang dapat
kita lakukan dalam sekali beriklan. Jika produk kita mau menjangkau banyak
orang dan banyak tempat, tentunya hal ini membutuhkan budget yang tidak
sedikit. Namun, hasilnya dapat dipastikan dapat memuaskan penggunanya.
4.
Video marketing
Untuk menampilkan produk yang terlihat baik,
kita juga dapat menggunakan video. Tidak hanya video biasa, tetapi video yang
dapat menarik perhatian konsumen. Dalam video, kita dapat menjelaskan dengan
detail barang yang kita jual. Kita juga dapat mengatur penampilan dari video
untuk marketing yang kita buat agar terlihat menarik.
Ada beberapa
cara yang dapat kita lakukan dalam digital marketing. Saya akan memaparkan
beberapa hal yang saya ketahui, sebagai berikut :
-
Hal yang paling dasar yang harus dilakukan yaitu
membuat akun email bisnis. Ini menjadi kunci dasar dalam ber digital marketing.
Email bisnis tentunya lebih banyak menampilkan fitur yang dapat memudahkan
pembisnis.
-
Membuat atau menggunakan akun facebook. Setelah membuat
email bisnis, selanjutnya adalah aktifkan akun facebook. Menurut beberapa
artikel yang sudah saya baca, melakukan iklan di facebook lebih besar mendapatkan feedbacknya. Dapat dikatakan
juga bahwa target dalam beriklan di facebook dapat lebih mencapai target. Jangan
lupa, untuk meng- upload produk dalam halaman facebook. Dengan begitu, konsumen
akan lebih mudah mengenal produk, bahkan melihat barang apa saja yang dijual.
-
Selanjutnya adalah aktif dalam Instagram. Instagram
juga telah mengaktifkan fitur berbisnis dalam aplikasinya. Kita juga dapat
memantau insight dari produk yang kita pajang di Instagram. Namun sebelumnya,
jangan lupa untuk aktifkan akun sebagai akun bisnis, bukan akun pribadi. Jika sudah
menjadi akun bisnis, maka segala kegiatan bisnis akan menjadi lebih mudah di Instagram
-
Copywriting. Hal ini dapat memancing konsumen
untuk membeli produk yang kita jual. Ada beberapa trik copywriting yang
dibutuhkan agar konsumen tertarik dengan barang yang kita jual. Copywriting dapat
digunakan diberbagai platform pemasaran yang kita lakukan. Untuk mempelajarinya,
kita dapat menggunakan Youtube atau pun google.
-
Melakukan endorse kepada influencer. Ternyata
hal ini sangat berpengaruh loh dalam memasarkan produk. Karna seperti yang kita
ketahui bahwa influencer memiliki banyak pengikut di social media nya. Dengan melakukan
endorse, maka pengikut dari influencer tersebut akan melihat produk kita. Jika endorse
dilakukan dengan hal yang menarik tentunya akan lebih membuat konsumen ingin
membeli produk yang kita jual.
Nah itu dia beberapa hal yang perlu
kita ketahui mengenai digital marketing. Kita harus tau bahwa kini ada banyak
cara mudah untuk melakukan pemasaran melalui internet. Terus belajar untuk
mengembangkan bisnis menjadi kunci sukses bagi bisnis kita.
Salam wirausaha!
Comments
Post a Comment