https://www.duniakampus40.net/ 


Hi! Welcome back to my blog!

Artikel kali ini akan membahas mengenai digital marketing. Seperti yang sudah kita bahas minggu lalu, bahwa sekarang ini sedang ramai-nya orang-orang untuk berwirausaha digital. Walaupun jangkauan digital pastinya lebih luas dibanding dengan pasaran secara langsung, tentunya kita tetap diharuskan untuk memasarkan produk yang kita jual. Dengan memasarkan barang atau jasa kita, bisnis yang kita miliki akan semakin dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu, di sini lah pentingnya digital marketing.

Sebelum membahas digital marketing lebih jauh, mari kita artikan terlebih dahulu apa itu digital marketing. Menurut Wikipedia, digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Mengapa perlu tepat waktu, pribadi, dan relevan?

-          Tepat waktu

Dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, pastinya kita memiliki target tersendiri berapa banyak barang atau jasa yang terjual kepada konsumen. Bahkan, beberapa barang memiliki waktu kadaluarsa yang dikit, dan suatu barang juga sedang trending pada saat tertentu saja. Di sini lah pentingnya menjangkau konsumen secara teoat waktu.

-          Pribadi

Dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, pastinya kita memiliki target jangkauan umur untuk barang atau jasa yang kita jual. Saya beri contoh, misalnya kita menjual peralatan makanan. Tidak semua orang membutuhkan peralatan makanan. Beberapa orang yang membutuhkan peralatan makanan ada di range usia 25-50 tahun (anggaplah segini) dan wanita. Contoh lain, kita ingin memasarkan produk pakaian remaja. Target dari marketing kita bisa di fokuskan kepada range usia sekitar 15-20 tahun.

-          Relevan

Hal ini juga sangat penting dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Misalnya, kita menjual jasa make up, hal ini dapat menargetkan pasaran yang sedang membutuhkan jasa tersebut, misalnya adalah anak sekolah akhir tahun yang mana biasanya mereka membutuhkan jasa makeup untuk wisuda, atau mahasiswa akhir semester. Target selanjutnya juga bisa kita letakkan pada range usia 23-35 tahunan yang mana biasanya mereka membutuhkan jasa makeup untuk pernikahan.

                Seiring berjalannya kemajuan teknologi, kegiatan memasarkan produk kini menggunakan social media. Digital marketing memiliki berbagai kelebihan seperti kecepatan dalam memasarkan produk, mudah untuk mengevaluasi hasil marketing, luasnya jangkauan, dan yang pasti sangat efektif. Digital marketing sangat cepat untuk mencapai jangkauan yang luas dan cepatnya iklan yang dapat tersebar. Target yang dicapai juga lebih tepat. Setelah melakukan iklan, kita juga dapat menganalisis hasil iklan. Kita dapat memprediksi apakah produk ini lebih diminati oleh siapa, di mana, dan apa yang membuat mereka tertarik. Ini lah berbagai kelebihan yang di dapat dalam melakukan digital marketing.

 

                Menurut Jurnal.id , digital marketing memiliki berbagai macam jenis, yaitu sebagai berikut : 

1.       Website

Tidak perlu ditanya lagi bagaimana peran website dalam melakukan marketing. Website selalu menunjukkan profesionalitas dari suatu brand. Selain itu, dengan website kita juga dapat memperkenalkan bisnis kepada konsumen sehingga konsumen lebih mengetahui seperti apakah bisnis yang kita miliki. Selain itu, penggunaan website juga sangatlah mudah.

2.       Social media marketing

Zaman sekarang, hampir semua orang memiliki social media. Social media kini berkembang dengan sangat pesat. Banyak fitur-fitur yang memudahkan penjual dan pembeli untuk bertemu dalam suatu platform. Bahkan, social media kini dapat memudahkan pembisnis untuk melakukan iklan. Aplikasi seperti facebook dan Instagram, kini sering menjadi favorite bagi pembisnis dalam melakukan iklan. Tidak hanya itu, youtube dan tiktok juga sedang gencarnya dalam melakukan iklan. Dengan mengadakan iklan pada platform yang disukai oleh banyak orang, produk yang kita pasarkan tentunya akan semakin cepat dikenal luas oleh banyak orang. Untuk mempelajari cara beriklan yang baik, tepat sasaran, tepat waktu, dan juga tepat targetnya, dapat dipelajari dengan mudah melalui youtube channel. Beberapa juga mengadakan kelas marketing yang mana hal ini lebih memudahkan dalam mempelajari cara beriklan.

3.       Online advertising

Seperti yang sudah saya bahas, bahwa sekarang banyak platform yang sudah mengadakan iklan. Tentunya hal ini pasti berbayar. Namun, kita bisa menentukan berapa tarif yang akan kita gunakan untuk beriklan. Selain itu, kita juga dapat mengatur seberapa jangkauan yang dapat kita lakukan dalam sekali beriklan. Jika produk kita mau menjangkau banyak orang dan banyak tempat, tentunya hal ini membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun, hasilnya dapat dipastikan dapat memuaskan penggunanya.

4.       Video marketing

Untuk menampilkan produk yang terlihat baik, kita juga dapat menggunakan video. Tidak hanya video biasa, tetapi video yang dapat menarik perhatian konsumen. Dalam video, kita dapat menjelaskan dengan detail barang yang kita jual. Kita juga dapat mengatur penampilan dari video untuk marketing yang kita buat agar terlihat menarik.

 

                Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam digital marketing. Saya akan memaparkan beberapa hal yang saya ketahui, sebagai berikut :

-          Hal yang paling dasar yang harus dilakukan yaitu membuat akun email bisnis. Ini menjadi kunci dasar dalam ber digital marketing. Email bisnis tentunya lebih banyak menampilkan fitur yang dapat memudahkan pembisnis.

-          Membuat atau menggunakan akun facebook. Setelah membuat email bisnis, selanjutnya adalah aktifkan akun facebook. Menurut beberapa artikel yang sudah saya baca, melakukan iklan di facebook lebih  besar mendapatkan feedbacknya. Dapat dikatakan juga bahwa target dalam beriklan di facebook dapat lebih mencapai target. Jangan lupa, untuk meng- upload produk dalam halaman facebook. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengenal produk, bahkan melihat barang apa saja yang dijual.

-          Selanjutnya adalah aktif dalam Instagram. Instagram juga telah mengaktifkan fitur berbisnis dalam aplikasinya. Kita juga dapat memantau insight dari produk yang kita pajang di Instagram. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk aktifkan akun sebagai akun bisnis, bukan akun pribadi. Jika sudah menjadi akun bisnis, maka segala kegiatan bisnis akan menjadi lebih mudah di Instagram

-          Copywriting. Hal ini dapat memancing konsumen untuk membeli produk yang kita jual. Ada beberapa trik copywriting yang dibutuhkan agar konsumen tertarik dengan barang yang kita jual. Copywriting dapat digunakan diberbagai platform pemasaran yang kita lakukan. Untuk mempelajarinya, kita dapat menggunakan Youtube atau pun google.

-          Melakukan endorse kepada influencer. Ternyata hal ini sangat berpengaruh loh dalam memasarkan produk. Karna seperti yang kita ketahui bahwa influencer memiliki banyak pengikut di social media nya. Dengan melakukan endorse, maka pengikut dari influencer tersebut akan melihat produk kita. Jika endorse dilakukan dengan hal yang menarik tentunya akan lebih membuat konsumen ingin membeli produk yang kita jual.

 

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai digital marketing. Kita harus tau bahwa kini ada banyak cara mudah untuk melakukan pemasaran melalui internet. Terus belajar untuk mengembangkan bisnis menjadi kunci sukses bagi bisnis kita.

Salam wirausaha!


Comments

Popular Posts