Wirausaha Digital itu apa sih?
https://www.duniakampus40.net/
Kewirausahaan Digital
Di zaman era digital seperti sekarang ini,
tentunya banyak perkembangan-perkembangan dari teknologi, terutama dalam bidang
komunikasi. Dahulu, jika ingin telfonan dengan teman ataupun saudara, kita
haruslah pergi ke wartel terlebih dahulu. Bahkan, harus berkirim surat. Begitu
sulitnya cara berkomunikasi. Namun kini, sekarang komunikasi dapat dilakukan
hanya dengan suatu alat yang dapat kita genggam, yaitu gadget. Tidak hanya
dapat melakukan panggilan suara, tetapi kita juga bisa melakukan panggilan
video. Tidak hanya bisa melakukan panggilan video, tetapi kita juga dapat
dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui internet. Internet kini menjadi
alat komunikasi yang sangat mudah digunakan dan sangat cepat informasi yang
bisa didapatkan. Bahkan kabar yang baru disebarkan detik ini, bisa sampai di
negara lain dalam sekejap.
Internet banyak menyediakan banyak platform
bahkan aplikasi yang sangat bermanfaat. Bahkan, berwirausaha pun dapat
dilakukan melalui sosial media. Kini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memudahkan
kita dalam melakukan proses jual-beli. Pasaran produk yang kita jual di media
sosial kini lebih luas dibandingkan hanya berjualan di suatu tempat. Kita juga
dapat menargetkan siapa saja yang menjadi sasaran dari penjualanan kita (target
pasar). Hal ini tentunya berkaitan dengan cara beriklan di sosial media. Di internet
juga banyak sekali platform yang berisikan mengenai edukasi, terutama dalam hal
berjualan di sosial media.
Di zaman modern ini siapapun bisa mendapatkan
kesempatan untuk menjadi seorang pebisnis. Termasuk para kaum millennial. Dikarenakan
target pasar dapat dijangkau dengan internet atau pun sosial media, maka
berwirausaha digital kini sedang menjadi trend di kalangan millennial. Millenial
kini banyak sekali memiliki ide kreatif. Termasuk dalam hal berwirausaha.
Banyak ide-ide tercipta baik dalam berbisnis kuliner, fashion, bahkan membuat
sebuah start-up. Dalam bisnis kuliner, kini sedang banyak sekali café-café yang
unik dan menarik perhatian para pengunjung. Tak hanya itu, kini menjadi seorang
selebgram, youtuber, podcaster, juga dapat menghasilkan uang. Dengan
terciptanya ide-ide kreatif dan unik kini bisa banyak mendapatkan penghasilan.
Pandemic covid-19 kini sangatlah berpengaruh
terhadap perekonomian negara. Banyak pekerja yang bahkan diberhentikan dan
tutupnya perusahaan. Namun, banyak juga yang akhirnya pada membuka wirausaha
baru. Dan pada akhirnya, semua orang harus beradaptasi dengan keadaan seperti
ini. Dengan keadaan seperti ini, tidak hanya muncul banyak wirausahawan baru,
tetapi orang-orang yang telah membuka wirausaha haruslah beradaptasi juga
dengan sosial media. Semua orang kini harus belajar untuk berbisnis secara
digital. Di sini lah pentingnya memahami apa pentingnya berbisnis digital.
Kegiatan sosial kini berpindah dari dunia nyata ke dunia maya. Maka kini dunia
maya menjadi sangat ramai karena hampir semua orang sudah memiliki gadget yang
mempunyai koneksi internet. Aplikasi juga menjadi semakin canggih. Contohnya
seperti aplikasi Instagram. Selain dapat memajang barang dagangan, kini
Instagram memberikan fitur iklan. Bahkan update
terbarunya, kini Instagram sudah menyediakan kolom berbelanja. Kini penjual
bisa langsung memasang nama barang dan harga pada foto mereka.
Begitu besarnya peluang berbinis digital masa
kini. Selain besarnya peluang, tentu banyak sekali tantangan yang terdapat
dalam bisnis digital ini. Beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh seorang
wirausaha digital yaitu :
1.
Inovatif
dalam menciptakan produk
Semakin mudahnya
berbisnis melalui sosial media, berarti semakin mudah juga pelanggan mencari
informasi mengenai produk. Customer cenderung akan membandingkan harga, lalu
membandingkan kualitas produknya. Selain itu, produk yang unik juga pasti
sangat menarik perhatian customer. Jika kita tidak selalu mengeluarkan inovasi
baru, maka bisnis yang kita jalankan akan sangat tertinggal. Ini lah yang
menjadi tantangan bagi wirausaha digital.
2.
Harus
up-to-date
Banyak yang akan selalu
berubah seiring berjalannya waktu. Baik dalam hal menentukan pasar, cara
beriklan, dan sesuatu yang sedang dicari oleh customer. Mengetahui platform apa
yang sedang sering digunakan juga menjadi hal penting karena akan banyak
customer yang kita dapatkan dari platform tersebut.
3.
Berpikir
out of the box
Hal lain yang menjadi
tantangan berwirausaha digital yaitu kita dituntut untuk bisa berpikir out of
the box. Dengan menciptakan produk atau strategi yang sangat unik, akan banyak
customer yang akan tertarik dengan bisnis kita. Terutama dalam hal beriklan.
Jika iklan yang kita tawarkan disajikan dengan sangat kreatif dan memiliki copy writting yang baik, maka akan
mendatangkan para customer ke media berjualan kita.
4.
Bersaing
secara sehat
Bersaing secara sehat
haruslah sangat diperhatikan karena hal ini penting adanya. Kita haruslah
menjaga citra toko, Karena customer pasti akan memperhatikannya. Janganlah
menjatuhkan produk dari toko lain.
Untuk menjadi wirausaha yang sukses tentunya
kita harus memiliki berbagai macam skill atau kebisaan kalian yang tentunya
akan sangat berguna bagi kelangsungan hidup bisnis. Apa saja hal tersebut?
1.
Sosial
media
Dalam berwirausaha
digital, tentunya kita diharuskan untuk menguasai aplikasi-aplikasi yang akan
kita gunakan. Ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang membantu penjual dalam
menjual barang atau jasanya. Lalu, kita juga diwajibkan untuk mengetahui
bagaimana cara memasangkan iklan di sosial media. Ada banyak cara memasangkan
iklan di sosial media. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Kita bisa
belajar terlebih dahulu bagaimana cara beriklan yang benar, dan perhatikan
hal-hal seperti memasang hastag atau membuat kalimat.
2.
Edit
foto dan video
Untuk menarik customer, halaman di sosial media kita
tentu lah harus terlihat menarik. Untuk itu, kita di haruskan untuk bisa
menghias atau meng-edit foto maupun video sebelum di unggah ke sosial media. Dalam
beriklan juga diharuskan menampilkan gambar atau video yang menarik. Selain itu,
kita juga harus memperhatikan backsound dari video yang kita buat. Biasanya,
dengan memasangkan lagu yang sedang hitz akan lebih menaikkan toko.
3.
Copywriting
Mungkin bagi sebagian
orang hal ini sudah pernah diketahuinya tetapi sebagian orang belum memahami
apa itu copywriting. Jadi, untuk
mengupload sebuah konten pada halaman sosial media, tentunya kita harus
menuliskan sebuah caption. Ternyata, ada trik khusus untuk dapat menarik
pelanggan dengan tulisan yang kita buat. Hal ini dapat kita ketahui setelah
mempelajari copywritting yang benar.
Ada beberapa kata yang harus kita perhatikan, jika hal itu sudah tepat,
nantinya akan membuat customer
tertarik dengan produk yang kita jual.
4.
Analisis
Setelah mempelajari itu
semua, kemampuan kita dalam meng-analisis sangat lah dibutuhkan. Mengapa? Hal ini
dikarenakan kita harus terus memperbaiki apa yang sudah kita kerjakan. Untuk memperbaikinya,
perlu diadakan analisis. Selain itu, dalam memasarkan produk atau memasang
target pasar juga dibutuhkan kemampuan analisis. Hal ini juga dapat dipelajari
di internet, khususnya pada aplikasi youtube. Jika sudah memahami hal apa saja
yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, maka kita akan dengan mudah menjalani
bisnis yang kita miliki kedepannya.
Untuk menjadi seorang wirausaha, kini sangatlah
mudah. Mudah, jika kita ingin mempelajarinya. Bahkan seorang pelajar pun kini
bisa menjadi seorang pengusaha. Asalkan kita dapat melakukan time management
agar semua berjalan dengan lancar. Tak lupa, selain berusaha kita juga harus
berdoa agar usaha yang telah kita jalankan dapat berjalan dengan baik.
Sumber :
https://blog.jejualan.com/peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/
https://solusiaccurate.com/skill-yang-harus-dimiliki-pebisnis-di-era-digital-untuk-meningkatkan-daya-saing-bisnisnya/
Good job! Terus posting artikel menarik lainnya.
ReplyDeletebaguss sangat informatif..
ReplyDeleteSangat menarik sekali✨
ReplyDelete