Wirausaha Digital itu apa sih?

https://www.duniakampus40.net/

Kewirausahaan Digital

 

Di zaman era digital seperti sekarang ini, tentunya banyak perkembangan-perkembangan dari teknologi, terutama dalam bidang komunikasi. Dahulu, jika ingin telfonan dengan teman ataupun saudara, kita haruslah pergi ke wartel terlebih dahulu. Bahkan, harus berkirim surat. Begitu sulitnya cara berkomunikasi. Namun kini, sekarang komunikasi dapat dilakukan hanya dengan suatu alat yang dapat kita genggam, yaitu gadget. Tidak hanya dapat melakukan panggilan suara, tetapi kita juga bisa melakukan panggilan video. Tidak hanya bisa melakukan panggilan video, tetapi kita juga dapat dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui internet. Internet kini menjadi alat komunikasi yang sangat mudah digunakan dan sangat cepat informasi yang bisa didapatkan. Bahkan kabar yang baru disebarkan detik ini, bisa sampai di negara lain dalam sekejap.

Internet banyak menyediakan banyak platform bahkan aplikasi yang sangat bermanfaat. Bahkan, berwirausaha pun dapat dilakukan melalui sosial media. Kini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita dalam melakukan proses jual-beli. Pasaran produk yang kita jual di media sosial kini lebih luas dibandingkan hanya berjualan di suatu tempat. Kita juga dapat menargetkan siapa saja yang menjadi sasaran dari penjualanan kita (target pasar). Hal ini tentunya berkaitan dengan cara beriklan di sosial media. Di internet juga banyak sekali platform yang berisikan mengenai edukasi, terutama dalam hal berjualan di sosial media.

Di zaman modern ini siapapun bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang pebisnis. Termasuk para kaum millennial. Dikarenakan target pasar dapat dijangkau dengan internet atau pun sosial media, maka berwirausaha digital kini sedang menjadi trend di kalangan millennial. Millenial kini banyak sekali memiliki ide kreatif. Termasuk dalam hal berwirausaha. Banyak ide-ide tercipta baik dalam berbisnis kuliner, fashion, bahkan membuat sebuah start-up. Dalam bisnis kuliner, kini sedang banyak sekali café-café yang unik dan menarik perhatian para pengunjung. Tak hanya itu, kini menjadi seorang selebgram, youtuber, podcaster, juga dapat menghasilkan uang. Dengan terciptanya ide-ide kreatif dan unik kini bisa banyak mendapatkan penghasilan.

Pandemic covid-19 kini sangatlah berpengaruh terhadap perekonomian negara. Banyak pekerja yang bahkan diberhentikan dan tutupnya perusahaan. Namun, banyak juga yang akhirnya pada membuka wirausaha baru. Dan pada akhirnya, semua orang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini. Dengan keadaan seperti ini, tidak hanya muncul banyak wirausahawan baru, tetapi orang-orang yang telah membuka wirausaha haruslah beradaptasi juga dengan sosial media. Semua orang kini harus belajar untuk berbisnis secara digital. Di sini lah pentingnya memahami apa pentingnya berbisnis digital. Kegiatan sosial kini berpindah dari dunia nyata ke dunia maya. Maka kini dunia maya menjadi sangat ramai karena hampir semua orang sudah memiliki gadget yang mempunyai koneksi internet. Aplikasi juga menjadi semakin canggih. Contohnya seperti aplikasi Instagram. Selain dapat memajang barang dagangan, kini Instagram memberikan fitur iklan. Bahkan update terbarunya, kini Instagram sudah menyediakan kolom berbelanja. Kini penjual bisa langsung memasang nama barang dan harga pada foto mereka.

Begitu besarnya peluang berbinis digital masa kini. Selain besarnya peluang, tentu banyak sekali tantangan yang terdapat dalam bisnis digital ini. Beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh seorang wirausaha digital yaitu :

1.    Inovatif dalam menciptakan produk

Semakin mudahnya berbisnis melalui sosial media, berarti semakin mudah juga pelanggan mencari informasi mengenai produk. Customer cenderung akan membandingkan harga, lalu membandingkan kualitas produknya. Selain itu, produk yang unik juga pasti sangat menarik perhatian customer. Jika kita tidak selalu mengeluarkan inovasi baru, maka bisnis yang kita jalankan akan sangat tertinggal. Ini lah yang menjadi tantangan bagi wirausaha digital.

2.    Harus up-to-date

Banyak yang akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Baik dalam hal menentukan pasar, cara beriklan, dan sesuatu yang sedang dicari oleh customer. Mengetahui platform apa yang sedang sering digunakan juga menjadi hal penting karena akan banyak customer yang kita dapatkan dari platform tersebut.

3.    Berpikir out of the box

Hal lain yang menjadi tantangan berwirausaha digital yaitu kita dituntut untuk bisa berpikir out of the box. Dengan menciptakan produk atau strategi yang sangat unik, akan banyak customer yang akan tertarik dengan bisnis kita. Terutama dalam hal beriklan. Jika iklan yang kita tawarkan disajikan dengan sangat kreatif dan memiliki copy writting yang baik, maka akan mendatangkan para customer ke media berjualan kita.

4.    Bersaing secara sehat

Bersaing secara sehat haruslah sangat diperhatikan karena hal ini penting adanya. Kita haruslah menjaga citra toko, Karena customer pasti akan memperhatikannya. Janganlah menjatuhkan produk dari toko lain.

Untuk menjadi wirausaha yang sukses tentunya kita harus memiliki berbagai macam skill atau kebisaan kalian yang tentunya akan sangat berguna bagi kelangsungan hidup bisnis. Apa saja hal tersebut?

1.    Sosial media

Dalam berwirausaha digital, tentunya kita diharuskan untuk menguasai aplikasi-aplikasi yang akan kita gunakan. Ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang membantu penjual dalam menjual barang atau jasanya. Lalu, kita juga diwajibkan untuk mengetahui bagaimana cara memasangkan iklan di sosial media. Ada banyak cara memasangkan iklan di sosial media. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Kita bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara beriklan yang benar, dan perhatikan hal-hal seperti memasang hastag atau membuat kalimat.

2.    Edit foto dan video

Untuk menarik customer, halaman di sosial media kita tentu lah harus terlihat menarik. Untuk itu, kita di haruskan untuk bisa menghias atau meng-edit foto maupun video sebelum di unggah ke sosial media. Dalam beriklan juga diharuskan menampilkan gambar atau video yang menarik. Selain itu, kita juga harus memperhatikan backsound dari video yang kita buat. Biasanya, dengan memasangkan lagu yang sedang hitz akan lebih menaikkan toko.

3.    Copywriting

Mungkin bagi sebagian orang hal ini sudah pernah diketahuinya tetapi sebagian orang belum memahami apa itu copywriting. Jadi, untuk mengupload sebuah konten pada halaman sosial media, tentunya kita harus menuliskan sebuah caption. Ternyata, ada trik khusus untuk dapat menarik pelanggan dengan tulisan yang kita buat. Hal ini dapat kita ketahui setelah mempelajari copywritting yang benar. Ada beberapa kata yang harus kita perhatikan, jika hal itu sudah tepat, nantinya akan membuat customer tertarik dengan produk yang kita jual.

4.    Analisis

Setelah mempelajari itu semua, kemampuan kita dalam meng-analisis sangat lah dibutuhkan. Mengapa? Hal ini dikarenakan kita harus terus memperbaiki apa yang sudah kita kerjakan. Untuk memperbaikinya, perlu diadakan analisis. Selain itu, dalam memasarkan produk atau memasang target pasar juga dibutuhkan kemampuan analisis. Hal ini juga dapat dipelajari di internet, khususnya pada aplikasi youtube. Jika sudah memahami hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, maka kita akan dengan mudah menjalani bisnis yang kita miliki kedepannya.

 

Untuk menjadi seorang wirausaha, kini sangatlah mudah. Mudah, jika kita ingin mempelajarinya. Bahkan seorang pelajar pun kini bisa menjadi seorang pengusaha. Asalkan kita dapat melakukan time management agar semua berjalan dengan lancar. Tak lupa, selain berusaha kita juga harus berdoa agar usaha yang telah kita jalankan dapat berjalan dengan baik.

Sumber :

https://blog.jejualan.com/peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/  

https://solusiaccurate.com/skill-yang-harus-dimiliki-pebisnis-di-era-digital-untuk-meningkatkan-daya-saing-bisnisnya/

Comments

Post a Comment

Popular Posts